Manfaat Wortel (Daucus carota, Linn.)

Wortel (Daucus carota) mempunyai nilai kandungan Vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin B 1 0,06 miligram, dan vitamin C 6 miligram. Komposisi di atas diukur per 100 gram. 

Pencegahan Kanker
Tingginya tingkat antioksidan pada wortel membantu untuk menurunkan resiko kanker. Studi telah menemukan bahwa wortel dapat membantu mencegah tiga jenis yang paling umum kanker: payudara, paru-paru, dan kanker usus besar.
Pencernaan yang lebih baik
Wortel merupakan sumber serat, yang penting untuk menjaga sistem pencernaan berjalan dengan baik. Hal ini juga membantu untuk membuat Anda merasa kenyang sehingga lebih jauh anda akan makan dengan lebih sedikit.
Kesehatan Mata
Wortel merupakan sumber beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh dan sangat penting untuk kesehatan mata. Makanan ini mampu meningkatkan penglihatan pada malam hari dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia seperti katarak dan degenerasi makula.
Anti-Aging
Vitamin A dalam wortel membantu kulit dengan membantu untuk menyingkirkan sel-sel yang rusak dan menciptakan regenerasi baru. Vitamin A juga menjaga kulit terlindungi dari sinar UV yang berbahaya, menghambat penuaan, mencegah jerawat, membantu kulit kering, dan meningkatkan kecerahan kulit.
Jantung Kesehatan
Satu studi menemukan bahwa risiko penyakit jantung diturunkan sebesar 32% pada orang yang makan hanya 88 ons wortel per hari. Studi lain menemukan bahwa mereka yang makan secangkir wortel atau labu setiap hari menurunkan risiko penyakit jantung mereka dengan 60 persen kekalahan. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan antara beta-karoten dan penurunan risiko masalah jantung.
Kolesterol Rendah
Serat dalam wortel membantu menurunkan kadar kolesterol. Magnesium pada wortel juga membantu mengatur kadar kolesterol.
Berat Badan
Wortel yang tinggi nutrisi dan rendah kalori, yang berarti bahwa Anda dapat mengisi perut Anda tanpa makan terlalu banyak kalori. Selain itu, manfaat wortel dalam hal ini membantu meningkatkan fungsi metabolisme karena mereka mengandung asam nikotin untuk memecah lipid dan lemak yang hadir dalam tubuh.

Tidak ada komentar: